Kamis, 07 Januari 2010

BELAJARLAH MENGHARGAI DIRI SENDIRI,,

Kita semua ini hidup di lingkungan masyarakat yang penuh dengan segala peraturan yang mengikat, Setiap orang memiliki pribadinya masing-masing.Beberapa orang tumbuh menjadi orang-orang yang bisa dibilang percaya diri dan beberapa diantaranya tumbuh menjadi orang yang kurang percaya diri dengan semuanya. Tipe orang yang percaya diri cenderung menjadi orang yang sukses dalam berbagai hal, berkuasa dan selalu ingin menguasa sesuatu. Sebagai sosok orang yang dominant, dia cenderung akan menjadi pemimpin dan selalu mempunyai pemikiran maju akan dirinya, hidupnya, masa depannya dan juga berbagai hal lainnya. Sayangnya, terkadang orang yang percaya diri dan dominant tidak
menyadari bahwa ada langit di atas langit. Hal itulah yang membuatnya tidak waspada akan berbagi macam kemungkinan yang ada di depannya. Kurang berhati-hati juga merupakan salah satu kelemahan dari orang-orang ini. Saat orang ini gagal, dia cenderung tidak bisa cepat pulih dibandingkan dengan orang dengan tipe yang satu lagi.
Lalu bagaimana dengan orang yang tidak percaya diri? Kadang dia mempunyai kemampuan untuk menjadi orang yang dominant, namun dia memilih untuk tidak menjadi dominant. Orang ini cenderung menghindari konfrontasi dan memilih jalan aman untuk menggapai tujuannya. Pelan tapi pasti adalah salah satu motto orang ini. Dia terbiasa mengikuti keinginan si dominant, walau tanpa disadari oleh si dominant bahwa sebenarnya orang tipe inilah yang menyetir perjalanan si dominant. Orang ini juga sangat berhati-hati dan waspada akan segala sesuatu. Hanya saja sayangnya, karena orang ini terlalu waspada, dia takut untuk mengambil keputusan membuat banyak langkahnya terhenti begitu saja dan memilih jalan lain yang lebih aman. Keinginannya yang besar untuk maju terkadang malah tidak dapat dicapai dengan sikapnya itu.
Mana yang lebih baik masih menjadi sebuah pertanyaan yang besar. Tapi semua itu pilihan. Ada beberapa orang yang pada awalnya over confident dan dominant kemudian memilih menjadi orang yang tidak dominant. Bukan berarti itu buruk, namun dia sadar akan pilihannya dan tahu bagaimana harus bertindak denagn itu semua. Sekaranglah saatnya kita semua menghargai diri kita sendiri, dominant atau tidak, pd atau tidak pd, pintar atau tidak pintar, kita harus menghargai diri kita sendiri. Kalau tidak mau menghargai diri sendiri, bagaimana orang mau menghargai kita???
Hal yang menurutku sulit adalah menghargai diri kita sendiri. Belajar menghargai orang lain mudah, tapi ketika harus menghargai diri kita sendiri kita merasa kesulitan. Jika kita ingin diri kita dihargai orang lain, harusnya kita bisa menempatkan posisi kita untuk dihargai orang lain. Kita sering melakukan tindakan-tindakan yang memalukan diri kita sendiri, dan yang menjatuhkan harkat martabat kita sendiri tanpa kita sadari.

“Pendapat saya mengenai Menghargai diri sendiri”

PENGHARGAAN TERHADAP diri sendiri merupakan cara hidup , berpikir , merasa dan bertindak yang kita terima , yakini dan percayai dalam diri sendiri . Ketika menerima diri sendiri , kita bisa hidup dengan nyaman bersama kelemahan dan kekuatan pribadi kita , tanpa melontarkan kecaman yang tidak perlu kepada diri sendiri .
Saat kita menghormati diri sendiri , kita menerima martabat dan nilai yang dimiliki sebagai sebuah keunikan . Kita memperlakukan diri sendiri dengan baik , sama seperti kita memperlakukan orang yang kita hormati .
Percaya kepada diri sendiri adalah kondisi dimana hasrat , keyakinan , perilaku dan perasaan kita cukup konsisten untuk menghadirkan keberlangsungan dan keterkaitan diri, meski ada perubahan dan tantangan di sekeliling kita . Mempercayai diri sendiri berarti merasa bahwa kita layak untuk sukses , dan berdasarkan keahlian yang telah ditunjukan dan sumber daya yang dimiliki saat ini , KITA memiliki keyakinan untuk memenuhi tujuan , aspirasi , dan kebutuhan pribadi terdalam kita .
Kebenaran mendasar mengenai harga diri adalah bahwa perasaan itu harus muncul dari dalam diri . Sewaktu harga diri merosot , kita akan merasakan kehampaan dan berusaha mengisinya dengan sesuatu atau seseorang yang bisa memberikan kepuasan atau pemenuhan sesaat. Saat tindakan ini memicu depresi dan bersifat repetitif atatu otomatis , kita pun menjadi kecanduan . Biasanya , tindakan ini dilakukan sebagai pengganti atas hubungan yang sehat , perasaan mengendalikan atau memiliki rasa percaya diri dan kekuatan yang lebih tahan lama.
Tanda pertama bahwa Anda menghormati orang lain, adalah kualitas hormat Anda kepada diri Anda sendiri.
Dengan tingkat hormat yang cukup kepada diri sendiri – Anda tidak akan memilih sikap, pikiran, atau tindakan yang beresiko merendahkan pendapat kita tentang diri kita sendiri, sehingga dengannya kita juga memelihara pendapat baik orang lain tentang diri kita.
Ingatlah, bahwa orang lain hanya menghormati kita sebaik kita menghormati diri kita sendiri.
Coba lah mulai hari ini untuk menyenangkan setidaknya satu orang setiap hari. Reputasi pribadi yang paling manis adalah reputasi yang dibangun karena suka-cita orang lain dalam pertemuan dengannya. Dan dengan mencoba menyenangkan setidaknya satu orang setiap hari, sebetulnya proses membangun sebuah nama baik, adalah sebuah proses yang penuh suka cita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar